Wayne Parnell Jadi ‘Walid’ di Bulan Ramadhan

Wayne Pernell pemain cricket asal Afrika Selatan, yang menjadi Muslim setelah sekian lama mempelajari tentang Islam, memutuskan untuk ganti nama pada ulang tahunnya yang ke-22.

Kamis terakhir bulan Juli lalu, Wayne Parnell dalam sebuah pernyataannya membenarkan bahwa ia telah masuk Islam pada bulan Januari tahun ini. Dan mempertimbangkan untuk mengganti namanya menjadi Walid yang berarti “putra yang baru lahir”.

“Sebelum saya memutuskan untuk masuk Islam, lebih dahulu saya telah mempertimbangkan nama Walid yang berarti putra yang baru lahir. Tapi untuk saat ini nama saya tetap Wayne Dillon Parnell,’ katanya.

Pria kelahiran Port Elizabeth itu juga mengatakan akan tetap menghormati perayaan dengan minuman beralkohol yang biasa dilakukan timnya.

Bertepatan dengan Jum’at pertama di bulan Ramadhan (05/8), Wayne “Walid” Parnell melakukan refleksi bersamaan dengan usianya yang memasuki tahun ke-22.

“Sehubungan dengan masa berpuasa pertama bagi saya, untuk itu saya minta waktu spesial ini diperlakukan dengan hormat. Saya seorang pemuda, seorang pemain cricket profesional dan saya menghargai dan bersyukur atas ketertarikan publik dengan kehidupan pribadi saya. (Tapi) agama pilihan saya adalah masalah yang pribadi,” kata pemain Warriors itu.

Manajer tim Muhammad Musaji, yang juga seorang Muslim, mengatakan bahwa keputusan Parnell menjadi Muslim tidak dipengaruhi oleh teman satu timnya Hashim Amla dan Imran Tahir.

“Keputusan untuk pindah agama adalah keputusannya sendiri, dan saya tidak tahu apapun tentang perubahan namanya,” imbuh Musaji.

Teman-teman satu tim Parnell yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa mereka percaya akan keseriusan pilihan Parnell pindah agama. Pria muda itu sudah tidak menyentuh minuman beralkohol walau setetes sejak Liga Primer India musim terbaru ini digelar.

Mereka juga membenarkan pernyataan Musaji yang mengatakan bahwa Amla tidak mempengaruhi Parnell untuk masuk Islam.

Amla di mata para pemain lain adalah sosok yang dikagumi karena keteguhannya menjalani aturan agama yang dianutnya. Amla tidak pernah mau ikut pesta tim mereka yang di dalamnya disajikan minuman beralkohol, dia rutin melaksanakan shalat lima waktu meskipun sedang melakukan tur keliling dan menolak memakai seragam yang disponsori oleh pabrik bir Afrika Selatan Castle Lager.

Nama Wayne Parnell menjadi bintang di lapangan cricket internasional sejak menjadi kapten tim U-19 Afrika Selatan dalam Piala Dunia 2008. Dia termasuk pemain termuda yang mendapatkan kontrak tahun 2009 pada usia 20 tahun.

Sebelum Parnell, pemain cricket lain yang pindah agama meninggalkan Kristen dan masuk Islam adalah Yousuf Youhana. Pemain Pakistan itu mengganti namanya menjadi Mohammad Yousuf setelah menjadi mualaf tahun 2006.*

Advertisements

Comments Off on Wayne Parnell Jadi ‘Walid’ di Bulan Ramadhan

Filed under Muallaf Atlet, Muallaf Mancanegara

Comments are closed.