Tiga Alasan Mengapa Perempuan Rusia Memilih Islam

muslimah-rusiaPernah menjadi kiblat Komunisme selama tujuh dekade, wajah Rusia kini telah berubah 180 derajat. Rusia merupakan rumah yang nyaman bagi sekitar 16 sampai 20 juta Muslim atau 12 hingga 15 persen dari total populasi negara itu menurut survei termutakhir.

Jumlah populasi Muslim yang signifikan terdapat di sejumlah kota besar, seperti Moskow dan St Petersburg. Tak seperti minoritas Muslim lainnya di Eropa, Muslim di negara terbesar di dunia, dengan luas mencapai 11,5 persen dari wilayah dunia ini, bukan berasal dari imigran asing. Mereka adalah warga asli Rusia.

Geliat pertumbuhan populasi Muslim tampak signifikan selama sepuluh tahun terakhir. Tak hanya dari kalangan pria. Belakangan, sepuluh tahun terakhir, geliat berislamnya perempuan Rusia pun meningkat. Berikut ini, pengakuan sejumlah perempuan Rusia kepada rbth.com, mengenai alasan-alasan mengapa mereka memilih Islam:

Tertarik Keluhuran Sistem Keluarga Islam

Di antara, hal menarik yang membuat Valeria, begitu disapa, memeluk Islam lima tahun lalu adalah keindahan sistem keluarga yang digariskan oleh Islam.” Saya takjub dengan tatanan berumah tangga dalam Islam dan bagaimana suami harus memperlakukan istrinya,” tutur perempuan 22 tahun ini.

Keputusannya tersebut, sempat mendapat cibiran dari keluarga besarnya. Islam di mata mereka, sangat puritan dan radikal, ia malah ditakutkan akan terlibat aksi-aksi terorisme. Namun, perlahan kedua orang tuanya bisa memahami dan menerima pilihannya itu dan bahkan membelanya. Ia pun kini tengah berhijab dan menikah dengan Muslim dari etnis Tatar.

Agama Paling Demokratis dan Sesuai Fitrah

Fakta inilah yang mendorong Ulyana, memeluk Islam tujuh tahun lalu. Perempuan 30 tahun ini, memang telah bersentuhan dengan Islam sejak kecil.

Lingkungannya selalu bersinggungan dengan Muslim, termasuk di perguruan tinggi tempat ia mengenyam bangku kuliah. Mereka adalah teman-teman dengan kehidupan paling normal, di antara ke sekian teman-temannya.”Karena itulah saya masuk Islam, “ tuturnya.

Pilihannya tersebut, justru mendapat dukungan dari orang tua, karena dengan begitu, Islam melindungi putrinya itu dari norma-norma yang menabrak fitrah perempuan terhormat. Tak mudah berada di jalan Islam, tetapi akhirnya, satu per satu rintangan, seizin Allah SWT bisa dia lalui.

Islam adalah Mutiara Kehidupan

Agama ini, telah memberikan Elena 10 tahun lalu, mutiara dan asupan kehidupan yang sesungguhnya di muka bumi. Islam membangkitkan rasa tanggung jawab terhadap segala sesuatu di kehidupan ini.

”Dunia ingin contoh yang konkret tentang sosok Muslim, yang baik terhadap sesama, apapun dan siapapun mereka,” kata perempuan yang beralih ke nama Islam, Zaenab.

Perempuan 55 tahun ini, mulai mengenal Islam pada akhir 90-an, sejak ia dan sang suami bertolak ke Mesir. Pemandangannya tentang masyarakat Muslim di negeri seribu menara itu, telah membuka mata hatinya, terkait wajah Islam yang ramah, jauh bertolak belakang dengan stigma dan stereotip yang dia dapati selama ini.


Ikuti dan download kisah-kisah muallaf lainnya di link Free Download berikut.

Recent post:

Tags: , ,

About Muallaf

“Maka apakah orang-orang yang dibukakan Allah hatinya untuk (menerima) agama Islam lalu ia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya)? (QS Az Zumar : 22)